Recent Posts

9 Solusi Pembayaran Konsumen Online ini Perlu Kamu Ketahui (dan Gunakan)

English~


Walau kini kita punya sejumlah solusi pembayaran online dan solusi lokal alternatif selain PayPal, layanan pembayaran ini bukan pengganti kartu kredit.

Solusi pembayaran konsumen hanya memberi kesempatan bagi penjual dan UKM untuk menerima pembayaran kartu kredit dari perorangan dan perusahaan. Informasi perbankanmu dan verifikasi identitas tetap dibutuhkan paling tidak satu kali, biasanya untuk proses registrasi.

Kebanyakan layanan merchant akan menggunakan informasi kartu kredit untuk memfasilitasi pembelianmu. Jadi sebelum mendaftar dengan layanan-layanan ini, kamu perlu minta kartu kredit dulu dari bankmu.

1. Akun PayPal

Penggantian retur barang PayPal

PayPal menawarkan solusi global untuk transfer dana. Ia berfungsi sebagai alat pembayaran untuk merchant dan penjual, juga sebagai metode pembayaran utama freelancers di mana-mana.

Sistem pembayaran ini dijadikan standar industri untuk pembayaran konsumen. Kamu bisa lihat logo-logo PayPal dan laman checkout PayPal di situs retail dan pasar-pasar e-commerce.

Ketika kamu memilih untuk gunakan PayPal checkout, kamu akan dialihkan untuk masuk ke akun PayPal. Dari sana, barulah kamu bisa memilih untuk menggunakan dana di bank atau menagihkan pembelian ke kartu kreditmu. Cepat, aman, dan transparan.

2. Google Pay

Pay dapat diunduh dari app store

Sempat dikenal juga sebagai Google Wallet atau Android Pay, Google Pay adalah solusi pembayaran online dan dalam toko dari Google. Dengan Pay, kamu bisa membeli produk-produk Google yang kamu temukan di Google Play, membayar dengan hp di sejumlah toko, dan menggunakan loyalti, hadiah, dan voucher di beberapa negara.

Pay memungkinkan website dan aplikasi yang berpartisipasi untuk menerima pembayaran online dan transaksi dalam aplikasi.

Dapat pula digunakan untuk mengirim uang ke teman atau keluarga di Inggris, Amerika, dan India—tanpa dikenakan biaya. Di sejumlah negara, bahkan Pay dapat digunakan untuk membayar biaya kereta dan bus di sejumlah transit.

3. Amazon PayCode

Amazon PayCode lets you pay in cash

Kini saat berbelanja di Amazon, ada pilihan untuk bayar dengan uang tunai lewat agen Western Union di negara-negara yang menggunakan Amazon PayCode. Kamu cukup pilih “Use Amazon PayCode” saat checkout, dan simpan kode pembayaranmu.

Untuk melakukan pembayaran, datangi agen WU dalam 4 hari setelah melakukan pemesanan dan bayar dengan uang tunai. Metode pembayaran ini hanya tersedia untuk produk-produk ekspor dan ketika berbelanja di negara yang mendukung metode ini: Barbados, Chile, Colombia, Indonesia, Hong Kong, Kenya, Malaysia, Mauritius, Filipina, Peru, Taiwan, Thailand, dan Uruguay.

Cukup nyaman dan terbuka. Kalau nanti kamu berniat mengembalikan produk yang sudah kamu beli, uangnya akan muncul di saldo Amacon Gift Card.

4. Payoneer

Payoneer adalah alternatif populer selain PayPal

Didirikan tahun 2005, kini Payoneer adalah pembayaran alternatif selain PayPal yang sangat popular di kalangan freelancers.

Memang jarang digunakan untuk berbelanja online, namun kini banyak pemilik toko online yang dapat menerima pembayaran penjualan t-shirt mereka di Amazon dalam bentuk transfer bank dengan layanan Payoneer global payment.

Tersedia di lebih dari 200 negara dengan 150 mata uang berbeda, Payoneer menyediakan akun virtual di berbagai negara. Akun-akun ini akan menerima pembayaran internasional yang dapat segera kamu tarik ke akun bank lokal.

Kamu dengan mudah dapat mentransfer dana antar akun Payoneer kalau kamu tahu alamat emailnya. MIsal: dari akunmu ke akun Payoneer teman. Namun Payoneer otomatis akan menolak pembayaran global yang ditransfer bukan dari akun bisnis.

Hampir tidak mungkin klienmu dapat membayarmu tanpa akun perusahaan.

Kalau saldo Payoneermu sudah mencapai jumlah tertentu, kamu akan bisa memesan Payoneer MasterCard yang nantinya bisa kamu gunakan untuk pembayaran online, mesin ATM, pembayaran dalam toko, dan di manapun MasterCard diterima.

Kalau kamu terdaftar di salah satu pasar freelance yang menggunakan Payoneer, kamu juga akan bisa memesan kartu tersebut dari masing-masing website.

5. Stripe

Stripe checkout langsung di satu website

Stripe adalah solusi sempurna untuk pengembang yang ingin mengintegrasikan pembayaran dengan proyek mereka. API Stripe mempersingkat proses pembayaran tradisional, tanpa perlu mengalihkan ke situs lain untuk menyelesaikan transaksi.

Untuk menggunakan Stripe di Indonesia, kamu perlu bikin EIN dengan IRS atau gunakan Stripe Atlas dengan akun perusahaan. Selama bertransaksi, Stripe akan berperan sebagai akun merchant dan menangani semua PCI compliance dan persetujuan merchant langsung di websitenya.

Stripe mudah digunakan dan di berbagai perangkat.

6. Due

Due sediakan solusi lengkap pembayaran

Kelebihan utama Due bisa jadi alat lacak waktunya yang hanya tersedia dalam paket berbayar. Dengan Due, kamu bisa menerima pembayaran online dengan biaya 2.8 persen, menerima pembayaran global, dan menggunakan dompet digital untuk mengirimkan dan menerima uang, berikut akses e-bank untuk menyimpan uang online.

Due sangat cocok digunakan untuk berbagai jenis pekerjaan bebeas, dan pendaftarannya sangat mudah serta gratis. Kamu bisa gunakan tautan ini untuk mendaftar.

Masing-masing paket bisa diuji coba gratis selama 30 hari.

7. Skrill


Skrill adalah opsi pembayaran online populer yang dilengkapi dengan fitur crypto untuk membeli dan menjual cryptocurrency. Alat pembayaran yang cepat dan aman ini digunakan untuk berbagai macam transaksi internasional, termasuk untuk taruhan online, perdagangan, berbelanja, dan permainan.

Gunakan Skrill untuk menerima uang, transfer dana internasional, dan menarik dana ke akun bank. Dengan dompet uang mobile dari Skrill, kamu bahkan bisa menarik dana ke mata uang lokal hanya dengan nomor telepon.

Skrill menerima 40 mata uang dan menawarkan biaya transaksi yang rendah, dengan fitur-fiuture seperti penarikan dana instan, dompet crypto, dan deposit.

Gunakan invite link ini untuk bikin akun Skrill.

8. Square

Card reader dari Square

Solusi pembayaran terbaik untuk bisnis yang bersifat bergerak tanpa alamat fisik. Square memungkinkan kamu menerima pembayaran sekaligus mengirimkan faktur elektronik secara otomatis.

Square juga pilihan yang baik bagi ukm yang ingin memadukan eksistensi online. Dengan Square POS, kamu bisa menerima pembayaran langsung di handphone iOS atau Android.

Magstripe reader dari Stripe, saat ini dijual seharga $10 (sekitar Rp145.000), adalah card reader gratis yang diberikan kepada UKM yang memenuhi syarat. Paket penerima pembayarannya yang lain dapat memproses kartu chip EMV, Apple Pay, Google Pay, Samsung Pay, dan kartu-kartu NFC.

9. Transferwise

Transferwise untuk pengembara dan pekerja jarak jauh

Pilihan pembayaran para pengembara dan mereka yang bekerja jarak jauh.

Transferwise memungkinkan kamu mengirim dan menerima uang dalam 40+ mata uang, berikut dengan akun tak terbatas untuk menerima pembayaran dari Inggris, Amerika, Australia, New Zealand, dan negara-negara di zona Euro. Semuanya bebas biaya.

Saat kamu perlu terima pembayaran dari klien atau konsumen di negara yang disebutkan di atas, Transferwise akan kasih kamu informasi akun tak terbatas, berikut dengan kode dan alamat banknya. Dengan rincian informasi ini, kamu akan menerima pembayaranmu tanpa biaya-biaya tambahan dan nilai tukar rendah.

Kamu bahkan bisa menyimpan saldo dalam mata uang negara-negara lainnya di dunia tanpa membuka bank lokal. Misal untuk ringgit Malaysia dan baht Thailand. Kamu bisa mengisi saldo dengan kartumu dalam hitungan detik.

Gunakan invitation link ini untuk mengirim dan menerima pembayaran secara cepat lewat Transferwise.

Credits:

PHOTO BY BLAKE WISZ ON UNSPLASH; PHOTO BY BLAKE WISZ ON UNSPLASH
9 Solusi Pembayaran Konsumen Online ini Perlu Kamu Ketahui (dan Gunakan) 9 Solusi Pembayaran Konsumen Online ini Perlu Kamu Ketahui (dan Gunakan) Reviewed by Lovelli Fuad on June 08, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.